Pj Gubernur Sumsel Fatoni : Perlu Rumusan Langkah Strategis Agar KARHUTBUNLA Tidak Berulang

Minggu, 10 Desember 2023, 17:46

Palembang, sumselprov.go.id- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni menghadiri sekaligus membuka FGD Roundtable Discussion Lingkungan Hidup KAWALI Sumsel dengan Tema “Membangun Sinergi antar Stakeholder di Sumatera Selatan untuk Pengendalian Karhutbunla Kedepan” Ballroom Hotel Swarna Dwipa, Jum'at (8/12/2023).


Dalam sambutannya Fatoni mengapresiasi KAWALI (Kawal Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) melaksanakan kegiatan ini yang merupakan kegiatan positif dan kreatif untuk memikirkan masa depan daerah, bangsa dan negara.


Fatoni mengatakan KARHUTLA terjadi setiap tahun, dan yang besar empat tahunan biasanya menjelang Pemilu dan selalu berulang. Kejadian ini membuat Pemerintah Provinsi Sumsel terus mengantisipasi dengan merumuskan langkah strategis, langkah yang terukur apa yang bisa kita lakukan agar kejadian ini tidak terulang.


“Maka FGD hari ini mendiskusikan, merumuskan langkah strategis itu agar kebakaran hutan tidak terjadi lagi, kalaupun terjadi bisa cepat diatasi sehingga dampak buruk tidak meluas” Jelas Fatoni.


Ketua KAWALI SUMSEL Candra Anugerah mengatakan hari duduk bersama membicarakan kejadian tiga bulan yang lalu tentang kebakaran hutan dan lahan. Dirinya berharap hari ini ada datu formasi khusus yang dirumuskan bersama agar kebakaran hutan dan lahan tidak menjadi momok berat bagi pemerintah provinsi


“Kita tahu 3 bulan terakhir kita di kepung banyak asap dan kita ketahui juga bagimana kerasnya upaya dari Pemprov, Polda Sumsel dan seluruh unit lainnya agar cepat menanggulangi kebakaran tersebut, Saya berharap semua pihak mau bergotong royong bantu terus bersama sama apa yang akan kita peroleh kedepan.” ucap Candra.


Turut hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs H Edward Chandra, MH, Dirut Bank Sumsel Babel H. Syamsuddin, Forkopimda/mewakili , Para Kepala OPD Prov Sumsel.