Pj Gubernur Agus Fatoni Tinjau Pembangunan Danau OPI Jakabaring

Sabtu, 25 November 2023, 21:35

Palembang, sumselprov.go.id- Disela agenda kerjanya Jumat (24/11/2023) sore, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau langsung progres pembangunan Danau OPI, Jakabaring Palembang.


Fatoni tampak meninjau aktivitas pekerja didampingi Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Pemprov Sumsel Basyaruddin Akhmad, dan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumsel, Ir H.Herwan, M.M.


Fatoni dan rombongan terlihat datang sekitar pukul 16.05 wib. Sesaat setelah tiba di entrance (pintu masuk) Plaza Danau OPI, Fatoni langsung mendengarkan pemaparan progres pembangunan oleh Kepala Dinas PSDA Sumsel di panel booth yang telah terpasang di lokasi. 


Dalam pemaparannya, Kepala Dinas PSDA Sumsel Herwan memaparkan bahwa pembangunan Danau OPI Jakabaring telah dimulai sejak tahun 2022. Dimana untuk tahap pertama pembangunan anggaran yang telah dikeluarkan sebanyak Rp 18.589.282.000 dan anggaran untuk tahap 2 senilai Rp9.458.408.000. 


"Saat ini pengerjaan kita sudah masuk tahap 2 dengan total anggaran.yang dikeluarkan mencapai Rp. 28 miliar lebih," jelas Herwan. 


Secara keseluruhan papar Herwan luas kawasan tersebut yakni 134.442 meter persegi atau sekitar13 hektare. Dimana sekitar 9 hektarnya adalah danau dengan kedalaman 5,21 meter. 


"Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan, ada dermaga sudah selesai tiang pancang sedalam 15 meter dan sudah hampir selesai tinggal pengerjaan lantai. Tahun 2023 ini pekerjaan pokoknya adalah dermaga, plaza, menara," tambah Herwan. 


Pembangunan plaza seluas 6.000 meter persegi ini menurut Erwan sedang dikebut dan sudah mencapai progres 76 persen. Ia Pun berharap Pemprov kembali mengucurkan anggaran untuk pengerjaan tahap III pada tahun 2024 mendatang. 


"Saat ini pembangunan kita kebut dengan material yang sudah ada dan pekerja yang mencapai 150 orang. Mudah-mudahan bisa maksimal," tuturnya. 


Ia juga menuturkan bahwa nanti dalam melengkapi sarana dan prasarana plaza dapat bekerjasama dengan BUMD maupun BUMN melalui CSR. 


"Disini juga kita siapkan playground, rumah pintar dan juga toilet serta menara pemantau," pungkasnya.