Pemprov Sumsel Gelar Sosialisasi Hasil IKP 2023 di Provinsi Sumatera Selatan

Kamis, 7 Desember 2023, 7:2

Palembang, sumselprov.go.id- Pemprov Sumsel diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir. Basyaruddin Akhmad, M.Sc saat membuka Sosialisasi Hasil IKP 2023 di The Zuri Hotel Palembang, Rabu (6/12/2023).


Basyaruddin Akhmad, menyampaikan bahwa hasil survey Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) di Sumsel Tahun 2023 harus menjadi acuan bagi Dewan Pers, Pelaku Media serta Pemerintah dalam memperbaiki agar peringkat IKP Sumsel dapat meningkat ditahun - tahun selanjutnya.


Ia juga berharap kepada semua awak media untuk dapat bekerja lebih baik lagi kedepannya serta terus mendukung pemerintah dalam menyampaikan informasi - informasi penting kepada masyarakat Sumatera Selatan.


Hasil survey IKP Sumsel Tahun 2023 sebesar 70,83% lebih rendah dibandingkan dengan Tahun 2022 sebesar 81,40%. Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Pers, Asmono Wikan dalam sambutannya.


"Kami berharap hasil ini juga menjadi bahan evaluasi kepada pemerintah daerah untuk bersama dalam memperbaiki kemerdekaan pers di Sumsel", ungkapnya.


Selain itu ia juga menjelaskan tujuan dari survey IKP untuk mengetahui dan memonitor kondisi kemerdekaan pers di Indonesia, sehingga dapat diidentifikasi faktor - faktor yang menghambat kemerdekaan pers sebagai bahan evaluasi dan upaya perbaikan kedepan.


Sementara itu, Kadis Kominfo Provinsi Sumsel, Rika Efianti, SE, MM selaku narasumber menjelaskan terkait dengan hasil survey IKP Tahun 2023, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak ada intervensi bagi media apapun untuk meliput setiap kegiatan Pemprov Sumsel karena bersifat terbuka, tidak memilih antara media online, media cetak ataupun media elektronik. Semua media diberikan kesempatan yang sama.


"Selain itu dalam mendukung kemerdekaan pers di Sumsel, Pemprov Sumsel juga telah memberikan dukungan penuh dalam pembentukan dan pendirian organisasi wartawan di Sumsel, disediakannya fasilitas media center dan jaringan internet bagi semua wartawan yang membutuhkan, tidak pernah ada keberatan/sanggahan dari Pemprov Sumsel terhadap pemberitaan yang diterbitkan oleh media apapun", ungkap Rika.


Turut hadir Karo Humas dan Protokol, Tony Kurniawan, S.S, M.M dan Para Pelaku Media di Sumsel.