HD: Desa Brilian, Sadar Potensi Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Rabu, 21 September 2022, 9:14

Palembang, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menyampaikan bahwa dirinya sangat tertarik jika telah berbicara tentang pemberdayaan desa. Hal tersebut, disampaikan HD saat membuka Inagurasi Program Deepening Desa Brilian Tahun 2022 dengan tema Digital Kewirausahaan dan Penguatan Ekonomi Desa Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Bank BRI dengan Badan Pengelola Usaha UNSRI di Hotel The Zuri Palembang, Selasa (20/9/2022).


HD juga menyampaikan kondisi desa di wiliayah sumsel, tidak semuanya sama pada level jumlah penduduk, level pembangunan dan daya jangkau termasuk signal internet.


"Terkait hal tersebut BRI dan UNSRI mempunyai inisiatif untuk menjadikan desa tertinggal, desa berkembang dan desa maju menjadi desa brilian yang para meternya tentu telah ditentukan oleh lembaga ini melalui kompetisi desa yang diselenggarakan dan saya sangat mengapresiasi inisiatif ini ", ungkap HD.


Ditambahkannya bahwa kondisi nyata desa - desa yang ada di sumsel rata - rata masih berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur.


"Disinilah saya lihat jelinya UNSRI, bagaimana membimbing desa melalui kompetisi ini untuk tetap membangun spirit bersaing dalam membangun desa, sehingga menjadi desa mandiri dengan potensi yang dimiliki", tutur HD.


"Saya minta kepada BRI untuk memberikan bimbingan terhadap desa dengan tiga komponen yaitu keterampilan mengelola potensi, permodalan, dan marketingnya", pesan HD.


Mengakhiri sambutannya HD mengatakan bahwa Desa Brilian ialah desa yang sadar akan potensi yang dimiliki dan dapat mengelola potensi tersebut untuk kesejahteraan masyarakat desa.


Sementara itu Rektor UNSRI, Prof. Dr. Ir. H. Anis Sagaff, MSCE, IPU, ASEAN, ENG melaporkan bahwa ada 3 Provinsi yang mengikuti Program Desa Brilian yaitu Provinsi Sumsel, Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Jambi dengan jumlah peserta sebanyak 54 Desa.


Turut hadir Pimpinan Departemen Ultra Mikro dan Sosial Entrepreneurship dan Incubation PT. BRI Regional Office Palembang, Joko Sriyatno dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.