Fatoni Lepas Ekspor Komoditas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Senilai Ratusan Miliar Rupiah

Minggu, 10 Desember 2023, 17:45

Palembang, sumselprov.go.id- Dalam sambutannya Pj. Gubernur Sumatera Selatan, Agus Fatoni mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas pelepasan ekspor senilai Rp. 153,3 Miliar dari komoditas pertanian, perkebunan dan perikanan yang dikirim ke berbagai negara tujuan.


"Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh petani, pelaku perkebunan, nelayan dan pelaku usaha yang telah bekerja keras untuk melakukan ekspor hari ini, dan ini bukti hasil dari wujud sinergitas yang kita lakukan", ucapnya dalam sambutan di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jum'at (8/12/2023).


Selanjutnya Fatoni menyampaikan bahwa pemerintah tentunya akan terus mendukung dan mendorong agar kegiatan ekspor dapat ditingkatkan dan dilakukan secara berkesinambungan.


Terkait dengan kegiatan ekspor yang dilakukan, Fatoni juga berharap semoga kegiatan tersebut memberikan dampak dalam tumbuh kembang dan perbaikan ekonomi di Sumatera Selatan.


Selain itu, Fatoni juga mendorong agar masyarakat Sumsel dapat menggunakan dan mengkonsumsi produk yang dihasilkan oleh negara Indonesia


Dikesempatan yang sama Kepala Badan Karantina Indonesia, Dr. Sahat Manaor Panggabean menyampaikan bahwa dirinya dan instansi bertugas untuk mempercepat semua komoditi layak ekspor untuk segera dikirim ke Negara tujuan serta membuka peluang ekspor lainnya sebanyak mungkin.


"Konsentrasi kita harus melakukan budi daya kodok, karena laporannya ekspor paha kodok yang kita lakukan hari ini merupakan hasil tangkapan liar oleh masyarakat dan ini tentunya akan habis, maka kita perlu untuk membudidayakannya", ucapnya.


Ia juga menambahkan yang perlu diperhatikan dalam melakukan kegiatan ekspor ialah syarat dari komoditas ekspor yang diberikan oleh negara tujuan, jadi perlu dilakukan pendampingan terhadap masyarakat untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut, "Dan ini merupakan tugas kami dan perlu bantuan serta koordinasi dari Kepala Daerah masing - masing dalam melakukan pendampingannya", ujarnya.


Turut hadir Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani, drh. Wisnu Wasisa, MP, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, Dr. A.M. Adnan, MP, dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel.